Input Device :
1. Keyboard
Pertama ditemukan oleh : Cristopher Latham pada 1868.
Jumlah tuts pada keyboard : 104 tuts
Jumlah tuts pada mesin ketik : 52 tuts
Tuts pada keyboard terdiri dari
Alphabet : A – Z
Numeric : 0-9
Karakter khusus : ~!@#$%^... Dst
Function key : F1 - F12
Special Function key : Shift, Alt, Ctrl
2. Mouse / tetikus
Ditemukan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963.
3. Joystik
4. Barcode
5. Kamera
6. Mikropon
7. Scanner
8. Graphics Pads => untuk menggambar objek pada layar monitor.
Proses Device
1. CPU (central processing unit)
Berfungsi sebagai tempat pemroses instruksi-instruksi program pada komputer
2. ALU (Aritmatic and Logical Unit)
Berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) dan operasi logika.
3. CU (control Unit)
Bertugas untuk :
a. Mengatur dan mengendalikan alat input dan output
b. Mengambil instruksi dari memori utama
c. Mengambil data dari memori utama untuk diproses
d. Mengirim instruksi ke ALU (yang berkaitan dengan proses aritmatika dan logika)
e. Menyimpan hasil proses ke memori utama
4. Register => menyimpan data secara sementara (sambil menunggu giliran data yang aakan diproses)
5. RAM (Random Access Memory)
Semua data yang tersimpan pada RAM dapat diakses secara acak (diisi / ditulis, diambil atau dihapus isinya).
Struktur utama RAM :
a. Input storage berfungsi untuk menampung inputan
b. Program st orage berfungsi untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diakses
c. Working storage berfungsi untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan
d. Output storageberfungsi untuk menampung hasil akhir dari pengolahan
6. ROM (Read Only Memory)
ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu kedalam ROM.
Storage Device
1. Floppy disk (disket)
2. Flash disk / USB
3. Compact disk / CD
4. Hardisk
1 Byte = 8 bit
1 KB = 1024 B
1 MB = 1024 KB
1 GB = 1024 MB
1 TB = 1024 GB
40 GB ...? KB
40*1024*1024 =41.943.040 KB
5. DVD (Digital Versatile Disk)
6. Drive ZIP
Output Device
1. Monitor
a. CRT (Cathoda Rays Tubes)
- CGA (Color Graphic Adapter) memiliki 4 warna mode grafik
- EGA (Enhanced Graphic Adapter) memiliki 16 warna mode grafik
- EPGA (Enhanced Professional Graphic Adapter) memiliki 4 warna mode grafik
- VGA (Visual Graphic Adapter) memiliki 4 warna mode grafik
b. LCD (Liquid Cristal Display)
2. Printer
a. Dot matrix- pita
b. Ink jet- tinta
c. Laser jet - serbuk / toner
3. Speaker
4. Plotter
Semacam printer yang digunakan untuk mencetak dengan ukuran yang besar.
5. LCD Proyektor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar